Big Data dan AI Untuk Cybersecurity

Machine learning: how it's used in banking

Big Data dan AI sekarang ini telah banyak dimanfaatkan di berbagai macam bidang, mulai dari meningkatkan penjualan, segmentasi pelanggan dan lain lain. Salah satu bidang yang mulai dimasuki Big Data dan AI atau bisa kita sebut Machine Learning adalah CyberSecurity.

Meningkatnya penggunaan internet sejalan dengan ancaman yang mengintai, bahkan sekarang berbagai serangan mulai dari kecil sampai masif terus bermunculan dengan berbagai macam metode dan teknik, ini membuat para penyedia layanan harus memutakhirkan keamanan web dan aplikasi mereka untuk terus menjamin privasi penggunannya dan operasional bisnis mereka.

Secara umum penggunaan Machine Learning pada Cybersecurity adalah dengan membangun sebuah sistem early warning yang akan memberitahu ketika terjadi anomali di dalam website mereka, anomali bisa dideteksi dengan cara merekam aktifitas alur data dan jaringan mereka, lalu data rekaman tersebut akan dijadikan Big Data, bisa juga dengan melakukan simulasi penyerangan dan merekam dampak dari serangan tersebut, lalu jika terjadi akses jaringan atau data yang tidak biasa, maka sistem akan menganggap nya sebagai kemungkinan serangan lalu otomatis memblokir nya, atau bisa juga dengan memberikan pemberitahuan kepada tim keamanan.


LogRhythm adalah salah satu perusahaan yang menyediakan layanan Cybersecurity dengan memanfaatkan Machine Learning, LogRhythm menawarkan keamanan end to end untuk mendeteksi dan bereaksi dengan cepat jika terjadi serangan, perusahaan ini menggunakan Machine Learning untuk membuat profil dari setiap serangan yang mungkin terjadi dan mendeteksinya, akun pengguna yang mungkin disusupi penyerang, penyalahgunaan hak akses, dan anomali lainnya. Antarmuka pengguna yang dibuat juga memungkinkan tim keamanan untuk merespons ancaman dengan lebih mudah dan cepat.

Dengan makin banyaknya volume dan jenis serangan terhadap website atau aplikasi, kemungkinan Machine Learning akan menjadi teknologi wajib pada setiap perusahaan untuk memperkuat Cybersecurity nya, karena dengan adanya Machine Learning pada Cybersecurity memungkinkan perusahaan untuk melawan serangan dengan lebih efisien dan mumpuni.

Referensi :

https://www.youtube.com/watch?v=MXHfD9a45DU&feature=youtu.be

https://builtin.com/artificial-intelligence/artificial-intelligence-cybersecurity


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas WGTIK